Persiku Junior Jaring Pemain Berkarakter dengan Sistem Degradasi

  • Bagikan
Pelatih Persiku Jr Widhoro Heriyanto
LATIH: Pelatih Persiku Jr Widhoro Heriyanto (celana panjang) saat memberikan arahan pada sesi latihan, di Lapangan Kongsi Desa Loram Wetan, beberapa waktu lalu. (DOK. PRIBADI / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Persiku Junior mulai menjaring pemain untuk menghadapi Piala Suratin, akhir tahun mendatang. Seleksi dilakukan menggunakan sistem degradasi.Upaya itu dilakukan untuk mendapatkan pemain yang memiliki karakter.

Kepala Tim Pelatih Persiku Junior, Widhoro Heriyanto mengatakan, pihaknya telah mengadakan seleksi pemain pada pertengahan bulan ini. Dari total 200 peserta seleksi tahap pertama, terpilih 35 calon pemain yang lolos tahap seleksi berikutnya.

“Dari 35 peserta tersebut, kita seleksi lagi. Secara umum, kita pilih pemain yang memiliki mental kuat. Dalam artian attitude-nya, dan memiliki karakter yang baik. Itu semua di luar dari skill, teknik maupun teamwork ya. Karena itu merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,” katanya.

Seleksi pemain akan menggunakan sistem degradasi. Artinya, dari 35 pemain yang lolos tahap awal seleksi akan dilatih, kemudian akan tereliminasi seiring berjalannya waktu. Tergantung pada perkembangan masing-masing pemain.

“Kalau memang dalam masa pelatihan tidak ada progres atau tidak ada peningkatan performa, otomatis kita coret. Jadi kita lihat progres mereka selama latihan, ada tidak peningkatannya. Nanti kita kerucutkan lagi. Sampai nanti akhirnya kita ambil sekitar 25-30 pemain, tergantung kebutuhan,” terangnya.

BACA JUGA:  Kultus Maradona Jauh Melebihi Lapangan Sepak Bola

Rencananya, latihan digelar secara rutin 6 hari dalam sepekan. Supaya tim pelatih dapat mengetahui perkembangan dari masing-masing pemain. Sehingga proses seleksi dapat memberikan hasil yang optimal.

“Hari Kamis dan Jumat lalu sudah mulai diadakan latihan, terkait kondisi pemain seperti apa. Hanya saja, latihan secara intens baru diadakan mulai besok (hari ini, red),” paparnya.

Widhoro berharap, Persiku Junior dapat meraih hasil terbaik pada pagelaran Piala Suratin mendatang. Meskipun saat ini setiap daerah memiliki materi yang baik. Terlebih, sekolah sepak bola saat ini sudah banyak ditemukan di berbagai daerah. (abd/fat)

  • Bagikan