Dialog dengan Sedulur Sikep, Bupati Kudus Apresiasi Kerukunan Antar Suku dan Budaya

  • Bagikan
Bupati Kudus Hartopo
Dialog Bupati Kudus Hartopo dengan Sedulur Sikep yang juga dihadiri Ketua DPRD Kudus Masan dan Kepala Kejaksaan Negeri Kudus Ardian, di Desa Karangrowo, Jumat (18/11). (HUMAS / LINGKAR JATENG)

KUDUS, Lingkarjateng.com – Kabupaten Kudus dikenal memiliki toleransi antar agama, suku, dan ras. Kerukunan tersebut tergambar dalam dialog antara Bupati Kudus Hartopo, Ketua DPRD Kudus Masan, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kudus Ardian dengan Sedulur Sikep. Dialog yang berlangsung di Desa Karangrowo pada Jum’at (19/11) berlangsung gayeng.

Hartopo mengapresiasi keharmonisan Sedulur Sikep bersama warga sekitar. Keberadaan Sedulur Sikep menggambarkan Indonesia yang memiliki berbagai suku dan budaya namun tetap satu jua.

“Saya yakin Sedulur Sikep sangat menjunjung kebersamaan dan toleransi dengan warga sekitar,” ucapnya.

Terkait permintaan Sedulur Sikep yakni gedung serbaguna, Hartopo siap menindaklanjuti. Pihaknya telah menerima proposal permintaan dan menginstruksikan kepala desa untuk melengkapi persyaratan. Apabila persyaratan terpenuhi, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dibuat dan segera direalisasikan.

“Proposal kami terima, Pak Kades bantu mengawal. Jangan lupa persyaratannya dipenuhi agar terealisasi. Paling cepat di APBD 2023,” paparnya.

Hartopo juga meminta agar Sedulur Sikep mengikuti vaksinasi Covid-19. Pihaknya menekankan tujuan utama vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vaksinasipun telah teruji aman dan baik untuk kesehatan.

BACA JUGA:  Tangani Covid-19, Belanja Daerah Meningkat

“Mohon untuk ikut vaksinasi. Ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan karena tidak pergi kemana-mana lantas tidak mau vaksin. Kan pasti menerima tamu dan berinteraksi dengan orang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kudus Masan menyampaikan Kabupaten Kudus sebagai miniatur Indonesia yang memiliki ragam suku dan budaya yang berbeda. Pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Kudus akan terus mendukung keharmonisan Sedulur Sikep.

“Seperti Indonesia, Kudus ini memiliki keberagaman salah satunya Sedulur Sikep. Kerukunan Sedulur Sikep dengan warga yang lainnya menjadi cerminan nyata Bhinneka Tunggal Ika,” tuturnya.

Salah satu tokoh Sedulur Sikep Budi Santoso mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kudus yang tanggap dan mengupayakan yang terbaik untuk Sedulur Sikep. Pihaknya pun siap menyukseskan percepatan vaksinasi sebagai salah satu pencegahan penularan Covid-19.

“Terima kasih berkat Kabupaten Kudus, kepercayaan kami diakui secara administrasi oleh Dukcapil. Kami juga siap melakukan vaksinasi,” pungkasnya. (hms/rds)

  • Bagikan