Ganjar Sebut Jateng Terima 70 Ribu Liter Minyak Goreng

  • Bagikan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (HUMAS / LINGKAR JATENG)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, kenaikan harga minyak goreng di pasaran bisa teratasi dengan subsidi dari Pemerintah Pusat. Ia menyebut untuk Jawa Tengah mendapat jatah sebanyak 70 ribu liter.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta tambahan 100 ribu liter lagi untuk menekankan harga minyak goreng. Hal itu jika kedepannya masih tidak bisa menurunkan harga pasaran.

Di sisi lain, ia meminta dinas yang memiliki wewenang soal kenaikan harga minyak goreng untuk duduk bersama dengan dirinya. Sehingga problem dari persoalan tersebut bisa diurai.

“Kemarin sudah rapat dengan pusat kalau kita ambil langkah subsidi. ada komoditas lain, makanya harus duduk bareng mereka (disperindag dan distanbun). Biar tau ini problemnya di hilir apa hulu? Atau ada di middle? mana yang bermain. Ini yang saya tugaskan dengan cara apa saja lakukan itu, data sains yang ada bisa kita pakai untuk pengambilan keputusan,” tegasnya, Senin (17/1/22).

Sementara itu, Kepala Disperindag Provinsi Jateng Arief Sambodo mengaku dinasnya pada awal pekan ini belum mendapatkan informasi dari pemerintah pusat terkait kuota subdisi minyak goreng yang diperoleh Jateng.

BACA JUGA:  Ganjar Pranowo Gagas Sekolah Virtual

“Belum ada, kami baru akan cek kembali dengan pusat. Nanti saya kabari, daftar kabupaten/kota yang penerima sudah dinaikan ke produsen, tinggal tunggu saatnya,” ungkap Sambodo.

Senada, Kabid Pengembangan Perdaganagan dan Pengendalian Harga, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang, Diliyanto memastikan akan menggelontarkan subsidi minyak di wilayahnya. Namun, ia mengaku hingga saat ini masih menunggu informasi lebih lanjut.

“Ini sedang mencoba mengusulkan dengan jumlah 5000 liter,” ucapnya. (dik/gih)

  • Bagikan