Permintaan Exit Tol di Kudus Segera Ditindak Lanjuti

  • Bagikan
PAPARAN: Gambar lokasi, usulan rencana diadakannya exit tol di Kudus pada saat diadakannya Konsultasi Publik oleh Kementerian PUPR, beberapa waktu lalu. (MUHAMMAD ABDUL MUTTHOLIB / LINGKAR JATENG)

KUDUS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus semakin serius untuk mengajukan permintaan pengadaan exit tol, pada proyek Tol Demak–Tuban. Rencananya, pemkab akan segera menindak lanjuti permintaan tersebut langsung ke Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, pihaknya telah memberikan instruksi kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus. Dinas terkait diminta segera menindak lanjuti usulan pengadaan exit tol pada proyek Tol Demak–Tuban. Sehingga, usulan tersebut dapat segera menemui titik terang.

“Nanti akan segera ditindak lanjuti. Kemarin dari PUPR akan memfasilitasi kita untuk konsultasi ke pusat terkait permintaan (exit tol, Red) itu. Saya sendiri juga akan ke Jakarta untuk ketemu Dirjennya langsung nanti,” ujarnya.

Pihaknya menyebutkan, ada dua titik yang diusulkan menjadi lokasi diadakannya exit tol. Yakni di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, dan Desa Bulungcangkring di Kecamatan Jekulo. Usulan tersebut juga diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan di Kudus.

BACA JUGA:  DPRD Usulkan Hartopo Jadi Bupati lewat Sidang Paripurna

Selain exit tol, Pemkab Kudus juga menginginkan adanya rest area di lokasi yang dilewati tol. Harapannya, dengan adanya rest area tersebut, para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Kretek dapat semakin berkembang.

Dengan adanya exit tol dan rest area, diharapkan roda perekonomian di Kudus dapat semakin berkembang. Dengan demikian, kualitas hidup masyarakat dapat semakin meningkat.

“Pertimbangan exit tol itu karena Kudus sendiri bisa dikatakan wilayah yang potensial. Jadi ketika ada exit tol, sama saja memperlancar perekonomian kita. Ini sangat memperlancar dan itu lebih representatif, ketika Kudus punya exit tol. Jadi tidak malas ketika mau ke Kudus, karena sudah ada pintu tol, tinggal turun dan bisa langsung sampai ke Kudus,” pungkasnya. (abd/fat)

  • Bagikan